Cara Edit Pas foto, Retouch wajah, kolase di Photoshop hanya dengan SATU KALI KLIK

Cara Melihat Kadaluarsa Kamera Digital



Anda tentu sering melihat dibeberapa bungkus produk, tulisan expired atau kadaluarsa yang memberikan informasi  kepada kita batasan waktu produk yang dijamin kualitasnya oleh produsen. Lalu apa hubungannya dengan kamera digital? Pada kamera digital, istilah kadaluarsa ini akan berlaku atau dihitung sejak Anda menggunakan kamera digital tersebut pertama kali.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya (silahkan baca/klik disini) bahwa disaat kita menekan tombol Shutter, komponen-komponen kecil dalam kamera akan bekerja sedemikian rupa dan akan menghasilkan sebuah foto. Komponen-komponen kecil ini tentu saja memiliki batas kerja maksimal yang jika melampaui batas, fungsi kerja dari kamera bisa saja akan terganggu atau rusak. Jadi istilah kadaluarsa yang dimaksud disini bukanlah rentan waktu maksimal dari kamera digital, akan tetapi lebih kepada sudah berapa kali tombol Shutter ditekan sejak kamera digital tersebut digunakan. Jumlah pemencetan tombol Shutter ini biasa juga disebut dengan Shutter Count.

Shutter Count adalah jumlah berapa kali tombol Shutter pada kamera Anda telah dipencet untuk menghasilkan sebuah foto. Dengan mengetahui Shutter Count kamera ini, kita bisa memprediksi sampai kapan kamera kita bisa bekerja dengan baik. Angka standar kamera yang baik adalah dengan Shutter Count 100 ribu, artinya kita bisa memencet tombol sampai 100 ribu kali untuk menghasilkan sebuah foto tanpa kamera mengalami kerusakan mekanis, bahkan untuk kamera kelas Pro ada yang bisa mencapai angka Shutter Count ini 200 ribu.

Jadi bagaimana cara menentukan, apakah kamera kita sudah kadaluarsa atau tidak? Ada beberapa pilihan, disini akan saya berikan yang paling populer dan mudah digunakan :
  • Cara pertama, silahkan buka website ini, kemudian klik Choose File dan pilih foto dari komputer/memory card Anda. Setelah itu klik Image from file dan tunggu loading. Scroll kebawah, disana akan Anda temukan deretan data EXIF foto Anda.
  • Cara kedua, download EOS Info (khusus Canon) atau Opanda.
Keuntungan lain dengan mengetahui Shutter count ini adalah saat kita membeli kamera bekas. Kita tahu bahwa membeli barang bekas adalah tindakan yang penuh resiko. Dengan mengetahui Shutter Count kamera ini paling tidak kita sudah meminamilisir resiko tersebut dan mematok harga kamera bekas dengan teliti

1 comment: