5 Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengganti BACKGROUND FOTO Dengan Photoshop

Edit foto



Salah satu pekerjaan paling populer ketika menggunakan Photoshop adalah mengganti background foto. Tentu saja sebelum background atau latar belakang foto diganti, kita harus menghapus atau membuang background yang ada, setelah itu barulah memasukkan background baru yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Dan ternyata Photoshop telah menyediakan banyak cara untuk menghapus background sehingga memudahkan kita dalam bekerja. Pada postingan kali ini kita akan lihat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus background foto. Mungkin tidak semua cara yang disajikan bisa diaplikasikan untuk semua foto, tergantung pada komposisi foto, ketajaman objek, karakter warna antara objek dan background sampai pada keahlian Anda menggunakan tool Photoshop.

1. ERASER TOOL

Sesuai dengan namanya, eraser tool berfungsi untuk menghapus bagian tertentu pada sebuah layer di Photoshop. Cara kerjanya sangat gampang, Anda hanya perlu menghapus bagian background yang akan dihilangkan dan menyisakan objek foto yang ingin dipertahankan, sangat simpel.

Agar hasil yang didapat bisa maksimal, antara objek dengan background foto yang akan dihapus hendaklah mempunyai perbedaan warna yang mencolok dan background yang akan dihapuspun hanya mempunyai sedikit jenis warna. Seperti pada gambar dibawah ini yang hanya memiliki dua jenis warna pada backgroundnya yaitu biru dan putih.


Namun jika background foto yang akan dihapus memiliki warna komplit/banyak warna, mungkin akan sedikit sulit untuk mendapatkan hasil yang sempurna dengan Eraser Tool ini, Anda mungkin perlu waktu lebih untuk melakukannya. Anda harus melakukan Zoom in dan Zoom out untuk melihat detail yang harus dihapus, gonta-ganti ukuran Brush Eraser atau mungkin saja Anda perlu melakukan CTRL+Z (Undo) beberapa kali karena tidak sengaja menghapus bagian utama dari foto .

Jadi kapan sebaiknya menggunakan Eraser Tool ini untuk menghapus background?

Untuk penerapannya, eraser tool ini sebaiknya digunakan pada kondisi berikut ini :

  • Mengganti background pas foto. Barangkali tidak sampai satu menit, Anda sudah bisa mengganti background pas foto dengan Eraser tool ini jika Anda melakukannya dengan benar. Dengan catatan antara warna objek (misal warna baju) dan warna background tidak boleh sama/mirip.
  • Terdapat banyak garis lurus pada tepian objek utama. Misalkan mengganti background foto sebuah gedung bertingkat.
  • Anda ingin menghapus background foto dengan cepat dengan mengesampingkan detail/kerapian pada hasil foto. Yaa barangkali Anda ingin membuat meme yang ingin Anda posting di medial sosial.
Bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui bagaimana cara menghapus background foto dengan Eraser tool ini, silahkan klik postingan yang telah saya tulis sebelumnya tentang  Cara Cepat Menghapus dan Mengganti Background dengan Eraser Tool di Photoshop.  Perlu diketahui bahwa ada 3 tool pilihan yang bisa digunakan pada eraser tool ini. Anda bisa mengetahuinya pada link diatas.

2. MAGIC WAND TOOL

Magic Wand Tool merupakan salah satu tool seleksi yang ada di Photoshop. Tool ini bekerja dengan mengenali karakter warna yang Anda klik. Misalkan jika Anda klik warna kuning pada foto maka Photoshop akan men-seleksi warna yang berdekatan dengan warna kuning di sekitar daerah yang di-klik, dari warna kuning,  warna stabillo sampai warna hijau cerah mungkin juga akan ikut ter-seleksi, tergantung ukuran piksel yang digunakan pada kotak Toleransi.

Magic Wand Tool akan sangat efektif jika digunakan untuk menghapus atau mengganti background pas foto. Untuk cara penggunaanya dapat Anda lihat pada postingan CARA MUDAH MENGGANTI BACKGROUND PAS FOTO

3. QUICK SELECTION TOOL

Jika Anda telah membaca Cara Cepat Menghapus dan Mengganti Background Dengan Eraser Tool pada link diatas, maka cara kerja Quick Selection Tool ini hampir sama dengan Background Eraser Tool. Hanya saja, sapuan kursor yang dilakukan akan berbentuk seleksi, dan Anda perlu tambah dengan menekan tombol delete untuk membuang bagian yang ter-seleksi. Kadang dalam penggunaannya diperlukan juga Refine Edge agar hasilnya lebih sempurna.

Tapi ingat, tool ini bekerja dengan mengenali karakter warna pada foto. Cara penggunaan Quick Selection Tool ini dapat Anda lihat pada link : Cara Mengganti Background Foto paling Cepat dan Mudah Dengan Quick Selection Tool

Untuk nomor 4 dan nomor 5 dibawah ini adalah cara yang paling umum dilakukan para profesional Photoshop dan studio-studio foto dalam menghapus background foto di Photoshop. Karena bisa dibilang dengan dua cara ini Anda bisa menghapus background foto apapun di Photoshop dengan mudah dan rapi.

4. PEN TOOL

Dengan Pen Tool Anda dapat melakukan seleksi pada pinggir/tepian objek, baik itu berupa garis lurus maupun kurva dapat Anda seleksi secara kontinyu. Tentu saja hal ini akan membuat hasil ganti background Anda jadi mudah dan rapi.

Untuk caranya dapat Anda klik disini...

5. TEKNIK MASKING

Ini adalah yang paling sering saya gunakan dalam mengganti background di Photoshop. Selain karena mudah dan rapi, teknik masking juga tergolong cepat penggunaannya, paling tidak itu berdasar pengalaman pribadi, he... Prinsip kerja dari masking ini sama dengan Eraser Tool, hanya saja masking memiliki beberapa keunggulan yang tidak akan ditemui pada Eraser tool.

Cara penggunaanya telah saya posting pada GANTI BACKGROUND FOTO DENGAN TEKNIK MASKING DI PHOTOSHOP. Silahkan Anda klik untuk lebih jelasnya...


Dengan melihat kondisi foto yang akan diedit, Anda dapat memilih salah satu dari lima cara diatas, agar proses ganti background di Photoshop ini bisa lebih mudah, rapi dan cepat. Atau mungkin ada saran selain 5 poin diatas,  silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat,..

0 komentar:

Post a Comment