Memahami Panjang Fokus atau Focal Length

Edit foto

Secara singkat, Focal Length atau panjang fokus adalah ukuran seberapa diperbesar "penglihatan" lensa Anda. Jika Anda pernah menggunakan teropong, prinsip kerja focal length mungkin sama dengan itu. Ketika kita mengatur angka pada teropong di 40 mm untuk meneropong sebuah gunung, maka yang akan terlihat mungkin gunung secara keseluruhan. Ketika kita mengubahnya ke angka 400mm, mungkin saja kita bisa melihat pepohonan yang ada digunung tersebut.

Pengukuran Focal Length akan memberi tahu fotografer tentang seberapa luas suatu daerah terlihat dalam gambar. Sebagai contoh, ketika Anda memotret seseorang yang berjarak 30 meter, pada angka Focal Length 40 mm, maka orang tersebut akan terlihat kecil karena banyak pemandangan disekitar orang tersebut akan ikut terlihat. Sedangkan jika pada angka focal length 400 mm, orang tersebut akan terlihat lebih besar pada foto dengan pemandangan disekitar orang tersebut lebih sedikit.

Lihat foto dibawah :
Sumber : nikonusa.com @ Dave Black
Semakin panjang fokus, semakin sempit sudut pandang dan semakin tinggi perbesaran. Semakin pendek focal length, semakin lebar sudut pandang dan semakin rendah perbesaran.

Cara Mengetahui Panjang Fokus Sebuah Lensa

Umumnya, semua lensa menunjukkan panjang fokus pada lensanya. Jika Anda mempunyai lensa 18-55mm f/3.5-5.6 artinya bahwa jangkauan terluas lensa adalah 18 mm dan yang bisa diperbesar adalah 55 mm.

Kenapa ada banyak lensa dengan Panjang Fokus berbeda yang di jual di pasaran? Ada banyak genre dalam dunia fotografi, dari fotografi nature, potret sampai macro. Setiap genre tentu mempunyai kebutuhan Focal Length yang berbeda.

Angka Focal Length mempengaruhi distorsi pada foto. Semakin luas Focal length maka distorsi akan semakin jelas terlihat.

Foto headshot (foto yang hanya menampilkan muka dan kepala) dengan Panjang Fokus berbeda maka hasilnya akan berbeda pula, wajah orang yang difoto akan terlihat beda. Tidak percaya? Coba Anda lihat foto dari Stephen Eastwood ini, Anda akan lihat bagaimana Focal Length mempengaruhi muka seseorang. Silahkan Klik Disini

Berikut ini bisa mungkin bisa dijadikan referensi untuk memilih lensa yang tepat sesuai genre atau kebutuhan Anda dalam fotografi. Tapi ini bukanlah aturan baku dalam memilih, semua kembali pada si fotografer untuk memilih lensa yang cocok dengan kebutuhannya.
  • Fotografi pemandangan (10mm hingga 18mm)
  • Potret seluruh tubuh seseorang (24 hingga 45mm)
  • Headshot (55 hingga 140mm)
  • Fotografi malam (10 hingga 18mm)
  • Fotografi jarak dekat atau fotografi makro (70 hingga 150mm)
  • Fotografi satwa liar (200mm hingga 850mm)
  • Lensa umum untuk pemotretan keluarga dan anak-anak (35 hingga 90mm)
  • Fotografi olahraga luar ruangan (200 hingga 400mm)
Jika Anda masih mempelajari dasar-dasar fotografi, saya sangat merekomendasikan Anda meluangkan waktu sebentar dan membaca beberapa seri dasar-dasar fotografi di bawah ini :
Apa itu Fotografi?
Tentang Segiitiga Eksposure
Shutter Speed dan Pengaruhnya terhadap hasil foto
Cara Mengatur ISO
Mengenal Aperture serta apa pengaruhnya terhadap hasil foto
White Balance : Mengatur Warna Foto Pada Kamera

Semoga bermanfaat,

0 komentar:

Post a Comment