Cara Edit Pas foto, Retouch wajah, kolase di Photoshop hanya dengan SATU KALI KLIK

5 Tips Mudah Menggunakan Photoshop Untuk Pemula



Dalam beberapa dekade, posisi Photoshop sebagai softwere digital imaging terbaik memang belum bisa tergantikan. Dengan Photoshop Anda bisa berkreasi, mulai dari mendesain web sampai membuat animasi. Photoshop bisa merealisasikan imajinasi Anda untuk mengubah tampilan sebuah foto, dari yang biasa menjadi luar biasa.

Untuk dapat menguasai Photoshop diperlukan waktu yang tidak sedikit, Anda harus mencobanya dengan banyak latihan, karena bagaimanapun juga Photoshop adalah seni digital.

Pada artikel ini, kita akan belajar beberapa keterampilan dasar Photoshop yang bisa Anda terapkan dalam melakukan proses editing dengan Photoshop. 5 tips Photoshop yang mudah untuk pemula ini bisa menjadi awal yang bagus bagi Anda untuk belajar menggunakan Photoshop

1. Mengenal Keyboard Shortcuts

Dengan Shortcuts keyboard akan membantu Anda mempercepat proses editing. Ada banyak Shortcuts yang bisa Anda gunakan seperti tombol B untuk brush tool,  tombol E untuk Eraser tool, spasi untuk hand tool dan lain-lain. Anda bisa mengetahuinya pada menu Edit - Keyboard Shortcuts.

cara menggunakan photoshop
Shortcuts Keyboard Photoshop

2. Memahami Menu Adjustments

Menu Adjustments berkaitan dengan pengaturan warna, meliputi pengaturan terang atau gelap gambar, black and white, saturasi warna dan semacamnya. Beberapa menu mungkin terlihat mempunyai fungsi yang sama, namun untuk hasil pada masing-masing menu akan berbeda (seperti antara menu Brightness/Contrast, Levels, curves dan Exposure atau antra menu Hue/saturation dan menu vibrance)

cara menggunakan photoshop
Adjustment Photoshop

3. Menambahkan ketajaman dan detail foto

Menambahkan ketajaman pada foto adalah teknik lain untuk pemula di Photoshop. Setiap detail pada foto akan di tonjolkan sehingga foto akan terlihat lebih tajam. Seperti teknik lainnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertajam sebuah foto. Namun disini saya akan menunjukkan teknik yang sangat sederhana. Setelah Anda memahami teknik ini, Anda dapat bereksperimen dengan teknik lainnya.

  • Langkah 1, Duplikat layer yang dipilih dengan menekan tombol Ctrl_J pada keyboard
  • Langkah 2, Ganti Blending Mode dari Normal menjadi Overlay. Langkah ini akan mengubah tampilan warna pada gambar Anda.
    cara menggunakan photoshop
    Blending Mode Photoshop

  • Langkah 3, Pilih Menu Filter - Other - Highpass
  • Langkah 4, Pada jendela Highpass, atur nilai radius yang pas dengan gambar Anda dan klik OK
Setelah melakukan keempat langkah diatas, Anda masih bisa mengatur atau menyesuaikan hasil yang diperoleh dengan mengubah angka opacity yang berada disebelah blending mode

4. Galery Filter Photoshop

Menu Filter pada Photoshop pada dasarnya adalah untuk memberikan efek otomatis pada gambar dengan beberapa klik. Ada berbagai filter di Photoshop yang dapat Anda pilih. Anda bisa memilih satu buah efek filter atau menggabung beberapa filter untuk diterapkan pada satu buah gambar. 

Untuk menggunakan filter galery ini silahkan masuk kemenu Filter - Filter Gallery. Setelah itu pilih salah satu efek yang disediakan. Lakukan pengaturan dengan menggeser slider yang berada di kanan atas jendela filter gallery

cara menggunakan photoshop
Filter Gallery

Sebelum Anda menerapkan filter gallery ini, pastikan dulu bahwa mode gambar Anda berada pada angka 8 bits/channel. Anda bisa mengetahuinya di menu Image - Mode - 8 bits/channel.

5. Memberikan Efek Vignette

Vignetting pada dasarnya adalah teknik untuk menggelapkan bagian tepi gambar sehingga objek gambar yang biasanya terletak ditengah akan lebih menonjol. Mata kita biasanya cendrung menuju kearah yang lebih terang pada saat pertama kali melihat sebuah gambar.

Ada banyak cara manual yang bisa dilakukan untuk memberikan efek vignette ini, namun yang paling gampang adalah dengan masuk kemenu Filter - Lens Correction. Kemudian di kanan atas klik Tab Custom. Disitu akan Anda temukan untuk menambahkan vignette pada gambar Anda, silahkan Anda geser slider Amount dan Midpoint sesuai yang dibutuhkan

cara menggunakan photoshop
Efek Vignette

Saya harap ke-5 Tips Photoshop Mudah Untuk Pemula ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki dan menyempurnakan foto Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah

0 komentar:

Post a Comment