Cara Edit Pas foto, Retouch wajah, kolase di Photoshop hanya dengan SATU KALI KLIK

Memperbaiki Kesalahan dalam Menentukan White Balance Kamera Dengan Photoshop


Pada postingan sebelumnya, telah disebutkan bahwa pengaturan White Balance (WB) berpengaruh terhadap warna sebuah foto. Sehingga untuk mendapatkan warna foto yang natural haruslah dengan pengaturan WB yang pas.

Pengaturan White Balance tidak kalah penting dengan Metering Mode dan harus dilakukan sebelum pemotretan dimulai. Namun kenyataanya ada juga Fotografer yang justru tidak melakukan settingan White Balance ini yang mungkin disebabkan karena lupa, kejar momen atau bahkan memang tidak mengetahui tentang fitur white balance ini.

Untungnya, kesalahan dalam mengatur White Balance ini dapat dikoreksi dengan Photoshop. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki salah pengaturan WB ini dengan Photoshop. Salah satu atau kesemuanya bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan

Memperbaiki salah WB dengan Photoshop
Memperbaiki salah pengaturan WB dengan Photoshop

  1. Auto Color

  2. Dengan Auto Color, Photoshop akan melakukan koreksi warna pada foto yang menurutnya paling benar. Anda bisa mendapatkan pengaturan ini pada menu Image → Auto Color. Jika cara ini tidak berhasil silahkan lanjutkan pada nomor 2
    Memperbaiki salah WB dengan Photoshop
    1. Auto Color

  3. Camera RAW - JPG

  4. Jendela atau pengaturan Camera RAW ini dapat Anda temukan dengan membuka menu File → Open As → Pilih Foto → pada bagian bawah ganti Open As dengan Camera RAW (*.TIF.*,*.CRW.*,*.NEF.*,...)
    Memperbaiki salah pengaturan WB dengan Photoshop
    2. Camera RAW/JPEG

    Cara menggunakannya, pertama aktifkan White Balance tool kemudian pilih warna putih pada foto. Lihat preview foto Anda, jika warna belum maksimal lakukan sedikit settingan dengan menggeser beberapa slider yang ada di samping kanan. Jika sudah, sambil menekan tombol ALT pada keyboard klik Open Image.

  5. Menggunakan Curves

  6. Caranya sama dengan Camera RAW diatas. Pertama aktifkan jendela Curves dengan menekan adjusment layer pada palette layer, kemudian pilih Curves. Pada jendela Curves yang terbuka klik salah satu dari tiga sample tool yang ada. Poin pertama untuk memilih warna hitam, poin kedua untuk warna grey atau abu-abu dan poin ketiga untuk memilih warna putih. Perhatikan gambar :
    Memperbaiki salah pengaturan WB dengan Photoshop
    3a. Adjusment Curves

    Memperbaiki salah pengaturan WB dengan Photoshop
    3b. Curves

  7. Manual Setting

  8. Dengan manual setting ini kita melakukan sendiri pengaturan warna pada foto. Tentu saja ini butuh ketelitian dan kejelian Anda dalam mengedit. Anda bisa menggunakan fitur Adjusment yang ada pada menu Image. Sebagai langkah awal bisa dengan menggunakan Color Balance untuk mengatur warna pada foto, kemudian Hue/Saturation untuk mengganti warna dan mengurangi saturasi dan seterusnya.
    Memperbaiki salah pengaturan WB dengan Photoshop
    4. Manual Setting

Oke, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki salah WB dengan Photoshop. Semoga bermanfaat,..

0 komentar:

Post a Comment