Cara Edit Pas foto, Retouch wajah, kolase di Photoshop hanya dengan SATU KALI KLIK

CARA MENCETAK PAS FOTO DENGAN KERTAS UKURAN 4R


Untuk mencetak sebuah foto, jika anda melakukan pencetakan di labor cetak maka biasanya ukuran kertas minimal yang digunakan adalah 3R (89 x 127 in) atau ukuran kertas A4 jika anda melakukan pencetakan sendiri (printer rumah/kantor). Untuk itu, setelah foto di croping, kita perlu memindahkannya ke dalam ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak.

Caranya cukup gampang, disini kita akan mengandalkan kegunaan dari move tool pada photoshop untuk mengerjakannya (tutorial Move tool lihat  disini). Oke, kita langsung saja. Namun sebelumnya pastikan foto anda sudah di Croping terlebih dahulu:

1. Buka foto yang akan dicetak dengan photoshop
2. Klik File_New (Ctrl_N) dan masukkan ukuran kertas. Resolusi pada angka 300 pixel/inch

Ukuran 4R
 

Ukuran letter

    Setelah itu klik OK. Maka akan muncul seperti ini :


 3. Selanjutnya aktifkan Move Tool dan pindahkan foto ke kertas ukuran


 4. Atur tata letak foto pada kertas ukuran :
  • Untuk memutar foto : Klik kiri pada sudut foto, kemudian klik kanan dan pilih Rotate 90 CW atau 90 CCW
  • Untuk Menggandakan Layer/Foto : Klik Layers_New_Layer via copy (Ctrl_J). Kemudian geser dengan Move tool atau tanda panah keyboard

Setelah selesai, klik Layers_Flatten Image dan silahkan cetak foto anda atau Save as bagi anda       yang akan mencetak di labor cetak foto

Contoh ukuran 4R


 Contoh ukuran kertas letter

Bahasan diatas adalah salah satu contoh cara memasukkan pas foto ukuran 3 x 4 kedalam kertas ukuran 4R dan kertas ukuran letter. Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah diatas untuk ukuran foto atau kertas lainnya..

Oke, Semoga Bermanfaat...



Baca Juga :

3 comments: