Cara Edit Pas foto, Retouch wajah, kolase di Photoshop hanya dengan SATU KALI KLIK

FOTOGRAFI ADALAH ....



Kalau diterjemahkan berdasarkan bahasa aslinya, fotografi terdiri dari dua kata yaitu “Photos” dan “Grafo” (bahasa Yunani). Photos berarti cahaya sedangkan Grafo berarti melukis/menulis. Jadi dapat diartikan bahwa fotografi itu adalah melukis dengan menggunakan cahaya. Melukis dengan cahaya? Apa bisa?

Begini, agar tidak bingung mari kita lihat dulu pengertian Fotografi ini yang saya kutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Fotografi, “Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat”

Nah, dengan melihat pengertian diatas terlihat ada persamaan antara seni fotografi dan seni lukis. Yang menjadi perbedaannya adalah media yang digunakan. Kalau dalam seni lukis kita membutuhkan kanvas, kuas dan tinta untuk menghasilkan sebuah karya, maka dalam fotografi kita menggunakan cahaya, kamera dan film/sensor untuk menghasilkan sebuah foto. Mungkin bisa diibaratkan kalau cahaya itu adalah tintanya, kamera sebagai kuas dan film/sensor sebagai kanvasnya.

Dalam seni lukis, banyaknya tinta pada kuas yang akan digoreskan pada kanvas akan sangat mempengaruhi hasil dari lukisan yang akan dibuat. Begitupun dalam fotografi, banyaknya cahaya yang masuk kedalam film/sensor melalui kamera akan sangat berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan

0 komentar:

Post a Comment