JENIS-JENIS FOTOGRAFI YANG BISA MENDATANGKAN UANG

Edit foto

Secara umum, fotografer adalah seseorang yang bekerja memberikan jasa fotografi, bisasanya melalui tahapan proses : menawarkan jasa, bertemu klien, mengambil foto, mencetak dan memberikan hasil foto kepada klien kemudian mendapatkan uang dari jasa tesebut. Akan tetapi sekarang ruang lingkup pekerjaan fotografer bukan hanya itu saja.

Dibawah ini kita akan lihat apa saja peluang bisnis yang bisa mendatangkan uang tambahan bagi seorang fotografer :

Foto Komersial

Fotografi komersial adalah jenis fotografi yang paling banyak digeluti fotografer saat ini. Pada jenis ini Anda sebagai fotografer akan dibayar sesuai dengan jasa fotografi yang telah Anda lakukan. Tentu saja sebelumnya sudah ada perjanjian tentang harga yang Anda tawarkan dengan klien. Beberapa contoh fotografi komersial ini adalah : foto pernikahan, foto produk, pas foto dan sebagainya

Bisnis Pengeditan Foto

Pekerjaan ini tergolong cukup menjanjikan. Kenapa? Anda pasti tahu bahwa saat ini sudah banyak orang yang mempunyai kamera digital ataupun kamera HP, namun hanya sedikit diantara mereka yang bisa melakukan pengeditan foto. Pada bisnis ini akan dibayar puluhan bahkan ratusan ribu rupiah untuk mengedit satu buah foto, tergantung tingkat kesulitannya

Studio Cetak Foto

Untuk bisnis yang satu ini memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagaimana tidak, untuk membeli satu buah mesin cetak profesional saja harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun melihat keuntungan yang akan Anda peroleh nantinya, hal itu tentu akan cepat tertutupi, apalagi jika bisnis ini digabung dengan bisnis fotografi lainnya

Stock Foto

Anda suka memotret iseng? Apapun Anda potret, sehingga Anda mempunyai ratusan bahkan ribuan foto? Anda tahu bahwa foto-foto tersebut bisa Anda jual? Banyak website yang mau menampung dan menjual foto-foto itu untuk Anda seperti iStockfoto, Dreamstime, Shutterstock, 123RF dan masih banya lagi. Foto-foto dari situs tersebut biasanya dibutuhkan oleh para desainer untuk keperluan iklan, brosur, newsletter dan semacamnya. Tentu saja Anda akan mendapatkan bonus yang telah ditetapkan oleh masing-masing website setiap kali ada yang mendownload foto Anda. Namun untuk mengguluti bisnis ini, Anda harus melepas hak cipta terhadap foto Anda, sebab aturan mainnya setiap orang bebas untuk menggunakan foto yang telah Anda upload.


Nah, dengan melihat beberapa peluang bisnis fotografi diatas, bisnis mana yang akan atau sedang Anda jalani saat ini. Dengan memilih hanya satu dari empat pilihan diatas, tentu akan membuat kita bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis fotografi ini. Namun tahukah Anda, jika Anda mempunyai jiwa wirausaha, Anda bisa menjalankan semua bisnis fotografi diatas sekaligus.

Seorang fotografer yang berjiwa wirausaha, tentu akan terus berusaha untuk mengembangkan bisnis fotografinya. Namun akan lebih menonjolkan pencitraan (branding) dan pemasaran (marketing), sedangkan untuk pekerjaan fotografi itu sendiri akan ditangani oleh fotografer lain (karyawan atau freelance). Bisnis fotografi seperti ini jika dikelola dengan baik, akan lebih banyak meraup keuntungan dibandingkan dengan yang hanya mengandalkan satu bisnis fotografi saja.

3 comments:

  1. blognya dijual gk gan? kalo dijual hubungi WA/SMS 089654792611/fajarkurniasandy9@gmail.com yaa

    ReplyDelete
  2. keren ya.. sekarang banyak cara menghasilkan uang

    ReplyDelete
  3. Dengan memahami dan mengoptimalkan keunggulan foto produk, perusahaan dapat meningkatkan daya tarik produk dan mencapai kesuksesan dalam penjualan online.

    Dari meningkatkan daya tarik hingga membangun kepercayaan konsumen, manfaat fotografi produk mencakup berbagai aspek yang memberikan dampak positif pada performa penjualan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menganggap fotografi produk sebagai investasi strategis untuk memastikan produk mereka diterima dan diapresiasi dengan baik di pasar yang kompetitif.

    Begitu banyaknya layanan fotografi produk yang tersedia, bisnis memiliki opsi yang luas untuk meningkatkan presentasi produk mereka. Dari fotografi e-commerce yang fokus pada penjualan online hingga pemotretan kreatif yang menggugah selera, setiap layanan memiliki peran penting dalam membantu produk bersaing di pasar digital.

    ReplyDelete