Cara Edit Pas foto, Retouch wajah, kolase di Photoshop hanya dengan SATU KALI KLIK

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Fotografi


Tak dapat dipungkiri, fotografi banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan mulai dari era kamera film (analog) sampai pada era kamera digital (DSLR). Pada saat sekarang, karena banyaknya kemudahan yang diberikan oleh kamera digital ini, menjadikan kamera seolah-olah sebagai suatu kebutuhan pokok bagi sebagaian orang. Namun dari segi lain, hal ini juga membuka peluang untuk menjadikan fotografi sebagai bisnis atau sumber pendapatan baru.

Jadi jangan heran, karena fakta diatas mungkin sekarang banyak Anda temui fotografer-fotografer dadakan yang hanya bermodalkan sebuah kamera DSLR sudah berani menawarkan jasa foto layaknya seorang fotografer profesional. Dan jangan heran juga, diantara fotografer dadakan tersebut banyak yang gulung tikar karena minimnya pengetahuan mereka tentang bisnis fotografi ini.

Sebelum memulai bisnis fotografi kita harus paham bahwa fotografi adalah seni, seni membutuhkan kreatifitas, gagasan/ide dan juga imijinasi untuk menghasilkan sebuah karya yang indah. Makna dari kata indah tersebut tentu bukan hanya bisa dinilai oleh pelaku seni (Fotografer), namun juga harus bisa dinikmati orang lain.

Selain harus memiliki "Sience of Art" seperti diatas, hal lain yang dibutuhkan dalam fotografi adalah teknik. Penguasaan teknik pemotretan untuk segala kondisi, bagaimana memanfaatkan peralatan fotografi harus dimiliki oleh seorang fotografer. Jadi, antara seni dan teknik dalam fotografi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Seni adalah anugrah Tuhan yang sudah ada sejak manusia dilahirkan, sedangkan teknik membutuhkan keuletan dan ketekunan untuk memporelehnya.



Untuk memulai bisnis fotografi, selain berinvestasi pada pengetahuan tentu saja kita juga harus berinvestasi pada alat, yang utama tentu saja kamera. Namun sebagaimana yang telah disebutkan diatas, foto yang bagus itu harus bisa dinikmati semua orang. Dengan hasil karya yang bermutu nama bisnis fotografi Anda akan cepat dikenal orang. Sehingga mau tidak mau perlengkapan penunjang lainnya seperti flash eksternal, softbox dan semacamnya juga harus dimiliki.

Tidak adanya modal awal tidak bisa dijadikan alasan untuk memulai suatu bisnis. Yang terpenting disini adalah keinginan dan keteguhan hati yang kuat untuk terjun kedalam dunia usaha. Jika memang modal Anda sekarang kurang memadai untuk memulai bisnis fotografi ini, bukannya Anda punya keluarga atau teman? hubungi mereka. Atau bisa juga dengan mendatangi tempat rental peralatan fotografi di kota Anda. Asalkan ada niat  dan bersungguh-sungguh, Tuhan pasti memberikan jalan.

Tapi Anda harus ingat, seperti yag telah disebutkan diatas bahwa Anda harus punya jiwa seni dan teknik untuk menjalankan bisnis fotografi ini. Sekarang mari kita lihat, beberapa hal yang perlu Anda persiapkan atau rencanakan sebelum memulai bisnis fotografi :

1. Referensi

Sebelum memulai bisnis fotografi, ada baiknya Anda mengetahui atau belajar dari bisnis fotografi yang sudah ada dilingkungan Anda. Belajarlah dari mereka. Perhatikan dimana letak kelebihan dan kekurangan mereka. Dengan begitu Anda akan memiliki pedoman tentang apa yang harus Anda lakukan nantinya untuk memajukan bisnis fotografi Anda

2. Keterampilan

Hal ini mengacu pada kreatifitas dan inisiatif Anda dalam mengembangkan bisnis fotografi. Terampil disini dapat kita bagi menjadi dua bagian. Pertama, terampil dengan alat dan perlengkapan fotografi. Untuk mewujudkannya dapat dengan membaca buku manual, mengikuti seminar fotografi, bergabung dengan komonitas dan lain sebagainya. Kedua, terampil dalam menjalankan bisnis fotografi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap besarnya penghasilan yang akan Anda peroleh nantinya. Dengan mengacu pada nomor 1 diatas, rencanakan apa yang harus dilakukan agar bisnis fotografi kita bisa bersaing dengan bisnis fotografi yang sudah ada. Jadikan kelemahan mereka sebagai nilai plus untuk bagi Anda untuk menarik hati konsumen. Tidak tertutup juga kemungkinan jika Anda bisa menciptakan sesuatu yang baru dalam bisnis fotografi Anda

3. Kewaspadaan

Ini berhubungan dengan sikap mental Anda dalam menghadapi resiko-resiko yang akan timbul nantinya. Ada ungkapan mengatakan, "Everithing won't go as smooth as planed". Semua tidak akan berjalan seperti yang telah direncanakan. Itulah resiko. Prediksilah masalah apa saja yang mungkin akan timbul setelah bisnis fotografi Anda berjalan dan tentukan juga langkah-langkah untuk menanggulanginya. Seperti, bagaimana menanggulangi penghasilan yang mungkin kurang mencukupi diawal Anda memulai bisnis ini, bagaimana mengahadapi persaingan yang kurang sehat dari lawan bisnis Anda sampai pada bagaimana mengatasi kebosanan yang pasti akan timbul disaat Anda menjalankan bisnis fotografi ini

4. Pemasaran

Pemasaran adalah bagaimana Anda mengenalkan bisnis fotografi Anda pada khalayak ramai. Dengan pemasaran yang jitu maka bisnis Anda akan cepat berkembang. Contoh pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat promosi (iklan, selebaran, sosial media dan semacamnya), menjalin kerjasama dengan pihak lain (Wedding Organizer, pihak sekolah atau kantor untuk pembuatan pas foto dan lain sebagainya), membuat kartu nama dan banyak lagi. Sistem pemasaran haruslah juga dilandasi dengan kualitas fotografi yang memuaskan. Dengan memberikan karya foto terbaik kepada konsumen, secara otomatis Anda sudah membuat promosi handal dalam bisnis fotografi Anda, sebab sampai saat ini promosi dari mulut kemulut masih menjadi poin penting  dalam strategi pemasaran

5. Biaya dan Harga

Terlepas dari modal awal, hitunglah berapa biaya bulanan yang harus Anda keluarkan. Biaya ini mencakup biaya cetak, biaya sewa (jika ada), biaya listrik, beli album, bingkai foto dan sejenisnya. Setelah itu ketahui juga berapa harga jual foto yang berlaku didaerah Anda, seperti biaya pas foto berapa, paket wedding dan lainnya. Dengan begitu Anda akan mempunyai target penghasilan minimal yang harus Anda capai tiap bulannya

Rincian diatas mungkin hanyalah beberapa poin kecil yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis fotografi. Anda bisa menambahkan beberapa poin lagi untuk memantapkan bisnis fotografi Anda nantinya.

Oke, sekarang kita sudah mengetahui apa-apa yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis fotografi. Namun sebelum kita bicara tentang teknik fotografi, mungkin ada baiknya kita lihat dulu bagaimana membangun jiwa usaha dalam bisnis fotografi. Untuk itu silahkan Anda klik tautan dibawah ini :

Menumbuhkan jiwa bisnis dalam Fotografi

Atau mungkin Anda juga berminat :
Jenis-jenis Fotografi yang bisa mendatangkan uang

1 comment:

  1. gan bisa hubungi ane? ada bisnis, bisa hubungi 089654792611 WA/SMS, fb : facebook.com/sandy.f.9

    ReplyDelete